Selasa, 05 Februari 2013

Beberapa cara mengetahui elko yang asli atau palsu

 Sesuai dari pengalaman berbagai sumber yaitu sebagai berikut :
* Elco yangg asli jika diukur dengan capsitansi meter akan muncul nilai sesuai yg tertera dan skitar 5% atau 10% sesuai toleransi yg tertulis. Saya pun pernah tertipu oleh merk terkenal saat membeli elco 10000uF 50V, karena tidak berfungsi dan malahan keluar cairan, iseng2 membuka elco tsb, ternyata hanya selongsong besar berisi elco kecil 1500uF 25V.
[Gambar: 20036723511947608.jpg]
Gambar contoh elco palsu
* Elco asli Jarang ada dipasaran. kita cuma bisa melihat ciri fisiknya, umumnya elco yang bagus dari segi cetakan hurufnya merk(elna, rubycon, dll.) lebih tegas/jelas. kakinya bersih tak mudah berkarat. Dan yang penting klu saat beli sempatkan mengukur kapasitasnya sesuai tertera atau tidak, serta pastikan tidak bocor.
* guru ane pernah cerita gini
swkt kunjungn k pbrk pembuat capasitor ada beberapa capasitor kualitasny tdk sesuai standard trus di tanya ma guru saya k pgws trsbut itu brg yg gak sesuai standard bagaimana
jawabanya seharusny d musnahkan. tetapi karyawan menggap sayang kalo d musnakan.. jd d kmplkn lalu d jual dgn hrga murah olh kryawan... dan Emg kualitas cpsitor yg gak standar kurang berhasiat buat flter dan meredam arus started jdi gak ada yg namany asli atau palsu, cz smua asli cuma kualitas yg berbeda
* Setahu saya semua elco asli ngga ada palsu atau bajakan, cuma kualitas/mutu barang yang berbeda. Untuk mengetahui mutu barang dengan melihat bentuk fisik elco, biasanya lebih gemuk/besar/tidak terlalu panjang (terlihat kurus) walau kapasitasnya sama persis. Untuk merk spt yang sudah disebut diatas juga bukan jaminan semua tempat ada karena lain tempat lain stock peredaranya/distributornya. Kalau tempatmu ada merk Panasonic pakai saja Elco Panasonic.
Sekedar perbandingan.
470uf 50v Panasonic Rp. 4.000,-
470uf 50v Nippon Chemi-Con Rp. 2.000,-
470uf 50v Rubycon Rp. 2.000,-
470uf 50v Elna Rp. 1.750,-
Perlu diketahui Panasonic adalah produk asli Indonesia, dimana cikal bakal berasal dari Merk National Gobel yang merajai Indonesia pada jaman dulu, perusahaan elektronik milik dari Gobel. Berganti menjadi National sesudah Gobel meninggal dunia yang dikelola 3 bersaudara anak dari Gobel. Menjadi Panasonic setelah saham dipegang oleh cucu dari Gobel. Dimana produk National Gobel/National/Panasonic memfokuskan mutu menengah keatas sehingga membuat harga barang Panasonic tidaklah murah.
[Gambar: dsc02507edit.jpg]
Gambar contoh elco asli

Sumber kutipan : http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20120914205414AAn2KOo
Sumber gambar :  http://www.solfegio.com/forum/showthread.php?tid=1517

Tidak ada komentar:

Posting Komentar